Sukabumi (17/03), Pengurus Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Sugih Mukti binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab Sukabumi, bersama Tim Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kec. Cikembar mengikuti rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui video conference Zoom meeting dalam rangka mendengarkan aspirasi dari perwakilan GAPOKTAN di wilayah Kabupaten se-Jawa Barat mengenai adanya rencana pemerintah pusat melakukan impor beras yang diperkirakan mencapai satu juta ton.

Kegiatan yang berlangsung di sekertariat GAPOKTAN Sugih Mukti ini diikuti oleh 3 perwakilan petani dari kelompok tani Sari Alam yakni, Nasir (44th), Agus (42th) dan Yuli (44th). Sebelum memasuki sesi diskusi, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) menyampaikan data mengenai kondisi beras di Jawa Barat yang diperkirakan sampai April 2021 mengalami surplus 320 ribu ton, ditambah sebentar lagi menjelang panen raya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang melakukan program Petani Milenial dengan penerapan teknologi pertanian berbasis industri 4.0 dengan harapan kedepannya pertanian Indonesia bisa lebih canggih lagi.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk menampung segala masukan dari para audien. Secara garis besar disimpulkan bahwa para petani mengeluhkan adanya rencana impor beras yang dicanangkan oleh pemerintah pusat tersebut. Hal ini terbilang ironis karena seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa hampir di setiap wilayah Kabupaten se-Jawa Barat justru pada bulan-bulan ini memasuki panen raya padi secara serentak.

Tentu dengan adanya wacana impor beras tersebut akan berdampak pada harga gabah menjadi anjlok dan tidak bisa diserap oleh pasar. Adanya pembahasan ini dapat menjadi acuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong supaya rencana impor beras tersebut ditunda atau dibatalkan.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment