Sukabumi, (7/12). Kelompok Tani Sari Alam dan Riung Gunung binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, mendapatkan orderan beras sebanyak 1,5 ton. Beras orderan ini akan dikirim ke Kota Depok dan Cisarua, Bogor.

Kelompok Riung Gunung dan Sari Alam merupakan kelompok tani binaan yang telah mendapatkan bantuan modal usaha tani dan pendampingan hampir 2 tahun lamanya. Saat ini, 2 kelompok tersebut telah menjadi pemasok utama persedian beras untuk program Zakat Fitrah dari BAZNAS.

Pendamping Lumbung Pangan BAZNAS, Erik mengungkapkan bahwa kegiatan pengemasan beras dilaksanakan di sekretariat Kelompok Tani Sari Alam Desa Cibatu Kecamatan Cikembar, dengan bahan gabah yang telah digiling dari hasil panen petani Kelompok Tani Sari alam dan Riung Gunung yang sudah disesuaikan dengan kode lahan dan kode petaninya.

Mekanisme untuk menghasilkan produk siap jual diawali dengan persiapan stiker, plastik ukuran 1 kg dan 5 kg serta seleksi beras dengan memisahkan dari benda asing seperti batu, serah dan beras yang kurang baik. Pelaksanaan pengemasan dilakukan secara manual dengan melibatkan keluarga para anggota petani baik dari kelompok Tani Sari Alam maupun Riung Gunung.

Menurut Nasir (41tn) salah satu ketua kelompok tani, beras hasil produksi kelompok tani binaan BAZNAS memiliki daya beli tinggi dengan kualitas beras terbaik sehingga membuat konsumen puas.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment