Lampung Tengah (20/09). Kelompok Tani Rahayu yang beranggotakan 28 petani binaan Lembaga Pemberdayaa Eonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS berlokasi di Desa Pujo Basuki, Kec. Trimurjo, Lampung Tengah, melaksanakan kegiatan persiapan penyemprotan pupuk cair menggunakan berbagai bahan nabati.

Pendamping Lumbung Pangan LPEM BAZNAS, Tri Saloka mengungkapkan bahwa target hama dalam penyemprotan kali ini yaitu tikus, wereng, ngengat dan segala hama yang mengganggu pertumbuhan padi. Pestisida ini mudah diurai oleh bakteri sehingga tidak menyebabkan residu dan zat berbahaya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pestisida nabati antara lain yaitu buah maja, buah bintaro, dan brotowali dengan tambahan perekat 1 butir telur per tanki nya. Cara pembuatan yang dilakukan cukup mudah yaitu dengan memotong dan mencacah bahan baku yang kemudian dimasukkan kedalam drum atau wadah berisi air.

Maryanto (43) salah satu petani yang melakukan penyemprotan pupuk organik cair mengungkapkan bahwa ia menggunakan bahan dasar bambu muda dalam pembuatannya. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman padi. Sejauh ini sudah beberapa anggota yang mengaplikasikan pupuk organik cair. Namun, penggunaan pestisida nabati belum dilaksanakan.

Hendra (30) salah satu anggota kelompok Tani Rahayu sudah pernah menggunakan pestisida nabati sebelumnya, dengan bahan yang berbeda seperti tembakau. Ia berharap setiap anggota mampu dan mau membuat pestisida nabati secara mandiri untuk keperluan budidaya padi milik mereka.

Rusdi (43) menyatakan bahwa “pestisida kimia pun harus berulang kali disemprotkan, apalagi yang alami. Mudah-mudahan hal ini bisa rutin dilakukan dan bermanfaat untuk orang lain yang bukan hanya anggota saja”.

Pengaplikasian pestisida nabati harus dilakukan secara intensif per 2-3 hari sekali agar mendapatkan hasil yang optimal. Disamping itu, diharapkan dengan penerapan pestisida nabati dapat meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan oleh petani, sehingga dapat meningkatkan harga jual beras hasil budidaya kelompok Tani Rahayu.

#BAZNAS 
#LPEM 
#LumbungPangan 
#SemestaKebajikanZakat 
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment