Sukabumi (18-19/01). Kelompok Tani Sari Alam binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, melaksanakan musim panen padi ke-5 dengan varietas padi yang dipanen adalah Mekongga dan Beras Merah.

Menurut Ketua Kelompok Tani Sari Alam, Nasir (44) mengungkapkan bahwa pelaksanaan panen ke-5 berada di area lahan pagi garapannya sendiri seluas 6.200 meter persegi, saat ini baru dipanen seluas 4.000 meter persegi dan menghasilkan sebanyak 1.658 GKP (Gabah Kering Panen).

“Alhamdulillah panen ke-5 yang dibantu oleh seluruh petani binaan BAZNAS, dan masih menyisakan 2.200 meter persegi untuk dipanen di esok hari, untuk hasil panen belum dapat dibandingkan dengan hasil panen sebelumnya mengingat proses panen belum seutuhnya selesai.” ujar Nasir.

Menurut pendamping program Lumbung Pangan, Syahrul mengungkapkan bahwa petani sudah bisa menggunakan alat alsintan perontok padi untuk pemisahan gabah berkat bantuan dari Dinas Petanian Kab. Sukabumi sehingga lebih efisien dan mampu memaksimalkan proses panen di area pertanian.

“Meskipun sudah ada alat alsintan perontok padi, nyatanya tidak mampu dimanfaatkan oleh seluruh petani binaan, mengingat kontur sawah di area petani binaan banyak berbentuk terasering, sehingga proses pengangkutan mesin ke area persawahan menjadi terkendala medan jalan yang sempit.” ujar Syahrul

Di musim panen ke-5, Nasir menjadi petani pertama yang melaksanakan konsep tanam dan panen. Sedangkan untuk petani binaan BAZNAS lainnya di Sukabumi akan dilaksanakan panen serupa di beberapa hari kedepan serta mengingat di beberapa kondisi padi milik petani sudah mulai siap dipanen.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan

Leave a Comment