Sukabumi (20/10). Kelompok Tani Sari Alam binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mendapatkan kunjungan inspeksi Bidang Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat dalam hal sertifikasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) beras organik di Kel. Cibatu, Kec. Cikembar, Sukabumi.

Adapun registrasi PSAT adalah untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan, memberikan jaminan dan perlindungan masyarakat/konsumen, mempermudah penelusuran kembali dari kemungkinan penyimpangan mutu dan keamanan produk, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

Agenda ini diawali dengan penyampaian kata pengantar untuk arahan inspeksi dari petugas bidang OKKPD kepada kelompok Tani Sari Alam, dilanjutkan dengan pemeriksaan area kebersihan gudang penyimpanan dan tempat penggilingan padi.

Pendamping Lumbung Pangan BAZNAS, Syahrul mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan penerapan standar operasional kegiatan penggilingan padi sampai pengemasan beras dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) beras organik.

Dalam pelaksanaan Sertifikasi PSAT, Kelompok Tani Sari alam mendapatkan dukungan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi yang turut mendampingi kegiatan inpeksi tersebut.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment