Sukabumi (21/09). Kelompok Tani Sari Alam dan Riung Gunung binaan Lembaga Pemberdayaan EKonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kembangkan potensi pertanian padi organik jenis beras merah dan hitam yang berlokasi di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi.

Menurut pendamping Lumbung Pangan LPEM BAZNAS, Erik mengungkapkan adanya penambahan jenis padi ini bertujuan untuk menambah varian beras selain beras putih yang biasa dijual oleh kelompok tani. Penerapan pertanian ogranik jenis padi merah dan hitam akan dilaksanakan di lahan garapan milik Maman (52) dengan luasan lahan yang digarap sebesar 2.000 meter persegi. Dalam pengembangannya juga para petani tetap menggunakan pupuk kandang dan organik hasil racikan petani dengan masa tanam selama 4 bulan.

Selain sebagai upaya penambahan varian beras, hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan petani/mustahik binaan LPEM BAZNAS. Pemasaran beraspun akan mengarah kepada konsumen kelas menengah ke atas karena beras merah dan hitam memiliki harga yang tinggi. Selain itu, beras ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena dapat mengontrol kadar gula, mengurangi risiko kanker usus, penyakit jantung, obesitas dan penyakit lainnya.

Mustahik berharap agar di musim tanam sekarang, hasil panen budidaya padi organik jenis beras merah dan hitam ini maksimal dan berkualitas.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment