Jakarta (17/06), Pak Mulyadi merupakan salah satu mustahik program mustahik pengusaha yang sudah mengikuti pendampingan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS selama 13 bulan. Beliau sehari-hari berjualan mie ayam dengan gerobak di sekitaran Jl Gading Raya, Kel. Pisangan Timur, Kec. Pulogadung, Jakarta timur.

Ketika masa pandemi, banyak usaha kecil yang mengalami kerugian dan akhirnya gulung tikar, namun berbeda dengan pak Mulyadi yang usahanya tetap berjalan lancar walaupun saat Pandemi. Ternyata hal tersebut terjadi karena pak Mulyadi memiliki cara tersendiri dalam menjalankan usahanya.

Menurut pendamping Mustahik Pengusaha, Anwar Sugandi menuturkan bahwa beliau memperoleh inspirasi 3 kiat mudah dalam usaha keliling dari hasil pendampingan LPEM. berikut kiat-kiat sukses usaha keliling ala mustahik binaan LPEM BAZNAS

Kiat usaha pak Mulyadi yang pertama adalah selalu buka saat waktu makan siang dan pulang saat isya, disinyalir waktu sekitaran jam 12 sampai 1 siang adalah waktu dimana masyarakat biasanya akan makan siang dan menu mie ayam biasanya saat siang hari menjadi primadona masyarakat.

Kiat kedua adalah mangkal di lokasi yang bisanya ramai pemuda atau orang tua berkumpul. Seperti dekat pos RT, dekat warung kopi dan sebagainya. Biasanya pak Mulyadi akan mangkal di suatu tempat tertentu selama satu atau 2 jam, hingga berpindah ke tempat lainnya setiap harinya. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut akun GoFood ya di buat 2 titik yang berbeda sehingga di aplikasi titik lokasi usahanya setiap 4 jam akan berpindah lokasinya sesuai jadwal pak Mulyadi berkeliling.

Kiat yang ketiga adalah ramah kepada pembeli. Tak jarang banyak pembeli yang menghabiskan waktu bersama pak Mulyadi untuk sekedar mengobrol ataupun curhat sembari membeli mie ayam, karena sifat ramah pak Mulyadi banyak masyarakat yang senang untuk berlama lama denganya.

Semoga dengan kiat kiat tersebut dapat meningkatkan motiasi bagi masyarakat yang ingin berjualan keliling, walau dengan keterbatasan tidak membuat semangat luntur.

#baznas
#lpem
#mustahikpengusaha
#semestakebajikanzakat

Leave a Comment