BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) yakni program Zmart melakukan intervensi kepada Saudagar Zmart baru Nina Nurhayati (26) di Kp. Umbul Tengah, 002/010, Kel. Jayawaras, Kec. Tarogong Kidul, Garut (19/10). Intervensi ini dilakukan dengan cara memonitoring usaha dan memberikan edukasi pada mustahik binaan.

Dalam agenda pendampingan tersebut, pendamping melakukan edukasi dan pendampingan terkait pencatatan omset penjualan. Hal ini dilakukan agar usaha milik mustahik terus terkontrol dan berkembang. Proses pencatatan omset usaha ini bahkan dijadikan kesepakatan kepada mustahik dan tertera dalam lembar akad dan pernyataan.

Mustahik mengaku bahwa selain mendapat bantuan program, ia juga merasakan manfaat dari pendampingan yang telah dilakukan oleh LPEM BAZNAS. Banyak perubahan yang dirasakan Saudagar Zmart setelah menerima pendampingan. Selain menerima bantuan modal, mereka juga dapat bantuan branding berupa plang dan juga rak. “Selain modal dengan adanya rak ini, bisa membantu saya memudahkan dalam melayani konsumen dalam arti konsumen mudah memilih produk yang akan dibeli sehingga tidak membuat saya terlalu repot dalam melayani karena konsumen bisa memilih langsung” ujar Nina.

Kini, warung Zmart milik Nina semakin ramai didatangi oleh konsumen, salah satunya adalah anak-anak di sekitar lingkungan tempat tinggal Nina. Halaman depan Zmart milik Nina pun dijadikan tempat untuk bermain. Kedepan, pendamping mengarahkan agar Nina menyediakan tempat sampah sehingga kebersihan warung tetap terjaga dan pelanggan nyaman ketika berbelanja.

#BAZNAS
#LPEM
#ZMART
#SemestakebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment