Selasa (14/04), Masa pandemi Covid-19, membuat masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19, dengan adanya himbauan tersebut membuat pendapatan para pelaku usaha mengalami penurunan.

Pak Andri (36) seorang penjual ketoprak keliling di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Sereal, Kota Bogor, merupakan salah satu relawan BAZNAS dalam Aksi Cash For Work BAZNAS yang mengalami penurunan omzet penjualan sejak masa pandemi Covid-19 sehingga membuatnya harus bekerja ekstra di tengah penyebaran wabah ini.

“Sebelum adanya masa pandemi, biasanya sebulan saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar 1.5 juta rupiah dan dapat berkeliling di luar tempat tinggal saya, tapi saat ini pendapatan saya mengalami penurunan hingga 40% karna adanya pembatasan keluar masuk wilayah,” ujar Pak Andri saat ditemui pendamping Zmart.

Menanggapi hal tersebut, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi (LPEM) BAZNAS pada hari selasa (14/04) melaksanakan aksi Cash For Work (CFW) berasa relawan BAZNAS yang diangkat dari para pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet sebagai imbas dari pandemi Covid-19. Aksi kali ini di 4 titik terdampak yakni Kel. Kramat Pela, Kec. kebayoran Baru, Jakarta Selatan; Kel. Sukamaju, Kec. Tapos, Kota depok: Kel. Cipayung, Kec. Cipayung, Kota Depok dan Kel. Kebon Pedes, kec Tanah Sereal, Kota Bogor.

Aktivitas aksi CFW yang dilakukan yakni dengan pemberian edukasi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyemprotan cairan desinfektan di rumah warga sebanyak 840 KK dan tempat umum, pemasangan 4 tempat cuci tangan sederhana di titik Zmart dan pemberian voucher Zmart senilai Rp200.000,00 yang dapat ditukarkan dengan sembako di Zmart terdekat kepada 40 relawan BAZNAS.

Aksi ini direncanakan akan terus berlangsung sampai tanggal 23 April 2020 dan diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, memotivasi warga untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran Virus Corona, dan membantu kaum rentan yang terimbas dampak ekonomi.

BAZNAS

BaznasTanggapCovid-19

LpemBaznas

CashForWork

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment