Indonesia menjadi salah satu negara positif virus Corona (COVID-19). Kasus pertama yang terjadi di Tanah Air menimpa dua warga Depok, Jawa Barat. Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 masih belum menunjukkan angka menurun dan masih menunjukkan tren kenaikan yang signifikan, jumlah positif COVID-19 hingga tanggal 16 April 2020 sebanyak 5.516 pasien, 496 orang meninggal dunia dan 548 dinyatakan telah sembuh.

Menindaklanjuti semakin meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo resmi menetapkan Wisma Atlet, Jakarta sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19. Wisma Atlet sendiri resmi beroperasi sejak Senin (23/3) pukul 17.30 WIB dengan 78 pasien pertama yang dirawat di sana. RS ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir membludaknya pasien di rumah sakit rumah sakit rujukan.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya Yudo Margono mengungkapkan pasien positif virus corona yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 535 orang yang terdiri dari 345 pria dan 190 wanita dan terdapat sekitar 225 tenaga medis yang bertugas di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Selanjutnya selain Wisma Atlet, RSUP Persahabatan menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan COVID-19.

LALAMOVE yang merupakan sebuah platform pengiriman instan yang mempermudah pengguna untuk melakukan pemesanan kurir melalui aplikasi atau website saat ini menggandeng BAZNAS untuk melakukan penyaluran total 1.000 pax nasi box untuk tenaga medis di rumah sakit, yaitu 500 pax untuk RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dan 500 pax untuk tenaga medis di Rumah Sakit Persahabatan. Penyaluran ke RS. Wisma Atlet dilakukan selama 5 hari, mulai hari Senin (13/4) sampai Jumat (17/4) sebanyak 100 pax setiap hari yang terbagi atas 50 pax pagi hari dan 50 pax sore hari.

Kegiatan ini melibatkan kelompok mustahik pengusaha binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) wilayah Cipinang Kebembem, Jakarta Timur untuk menyediakan makanan, mulai dari memasak, menyiapkan penyajian, sampai pendistribusian dengan maksud meningkatkan omzet kelompok mustahik pengusaha ditengah pandemi Covid-19.

MustahikPengusaha

LembagaPemberdayaanEkonomiMustahik

BAZNAS

CepatPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment