Lampung Tengah (15/07), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan telah mengadakan kegiatan menanam di rumah dengan tema Aquaponik dengan memanfaatkan budidaya lobster air tawar di Desa Pujo Basuki, Kec. Trimurjo, Lampung Tengah.

Menurut Pendamping Program Lumbung Pangan BAZNAS, Tri Saloka mengungkapkan bahwa kegiatan ini berlandaskan teori aquaponik yang membudidayakan ikan dan tanaman yang hidup berdampingan, maka terbitlah budidaya lobster yang bersamaan dengan budidaya sayuran.

Sayuran yang dibudidayakan yaitu kangkung dengan sumber air dari kolam budidaya lobster. Dalam penerapannya, air ditarik keatas menggunakan pompa menuju ember penampungan sekaligus ember filter air. Dengan menggunakan busa dan batu sebagai penyaring sederhana ditambah kangkung untuk menambah produktifitas lahan. Air yang mengalir dari ember kembali turun ke dalam kolam yang dialirkan menggunakan pipa kecil di samping kolam.

Lobster air tawar yang dibudidayakan berjenis Walkamin Strain Aus. Total indukan yang dibudidaya yaitu 12 betina dan 8 jantan dengan biaya untuk persiapan hingga tanam memakan biaya +/-5 juta rupiah. Dengan usia panen 6 bulan dimana 1 ekor indukan dapat menghasilkan +/-200 telur produktif.

Mustahik binaan memiliki antusias yang tinggi terkait budidaya lobster air tawar ini. Karena ini masih merupakan hal yang baru bagi mereka dan memiliki peluang pasar yang tinggi. Bahkan, salah satu mustahik binaan bernama pak Sulistyo ikut serta untuk memesan indukan dan membudidayakan lobster air tawar bersamaan dengan yang kelompok lakukan.

Harapan dari budidaya ini yaitu terbentuk nya usaha sampingan yang potensial untuk terus dikembangkan dan menjadi sumber pemasukan lain bagi kelompok.

#BAZNAS 
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan 
#SemestaKebajikanZakat 
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment