Serang (22/6), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan adakan pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) bersama petani binaan BAZNAS di 2 lokasi berbeda, yaitu Kp. Kareo Panjang, Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kabupaten Serang dan Kp. Tangsi, Desa Kampung Baru, Kec. Pamarayan, Kabupaten Serang

Pelatihan BUDIKDAMBER yang dilaksanakan di lingkungan kelompok tani di Kabupaten Serang ini diminati oleh anggota kelompok petani binaan LPEM BAZNAS, karena memang baru dan terlihat berbeda dengan budidaya ikan sebelumnya.

Ketua Pemuda Kp. Kareo Panjang Bapak Fahmi (35) mengatakan kegiatan ini sangat baik bagi masyarakat sebagai sarana pembelajaran dan mengisi waktu luang di rumah. Budidaya ikan dalam ember memang ilmu baru dan baik jika dilakukan di perkotaan dilahan sempit, di kampung seperti tempat kami juga sama baiknya selain untuk menjaga keberlangsungan ketahanan pangan keluarga budikdamber ini juga menambah nilai eatetika lingkungan menjadi rapih dan terlihat hijau tutur bapak Fahmi.

Ketua kelompok Tani Bapak Faoji Rohman (39) menambahkan kegiatan yang dihadiri oeh anggota kelompok dan masyarakat lingkungan ini dihadiri kurang lebih sebanyak 30 orang yang terbagi di dua lokasi kegiatan yang berbeda, sehingga dalam kegiatan ini tidak mengundang kerumunan masyarakat dan sesuai protokol kesehatan.

Pelatihan ini menyediakan 22 ember, 60 kg lele, dan 3 kg benih kangkung sebagai bahan praktek yang kemudian akan dibagikan kepada para peserta yang hadir jelas faoji Rohman.

“Kegiatan ini merupakan amanah dan suport langsung dari LPEM BAZNAS, kami selaku kelompok menghaturkan rasa terimakasih yang mendalam karena selain kelompok kegiatan-kegiatan BAZNAS dapat dirasakan oleh masyarakat luas, sehingga secara sosial kami sangat dihargai oleh masyarakat lingkungan sekitar.” tambah bapak Faoji Rohman.

Semoga kegiatan baik ini menjadi inspirasi bagi warga sekitar dan dapat menjadi nilai pembelajaran bagi para petani.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#MenanamdiRumah
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment