Jakarta (23/11). Program Zmart Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS bersama Koperasi Saudagar Ritel Indonesia selaku mitra Distribution Center (DC) Zmart sosialisasikan peluang dan prospek menjadi stock point bersama saudagar Zmart. Kegiatan ini dilakukan di rumah salah satu Saudagar Zmart, Bapak Ambran yang beralamat di Jln Raya Gempol Gg Wadas, Rt 011/ RW 02 No 30, Kel Ceger, Kec Cipayung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Koperasi SRI, Bapak Irwan, pengurus koperasi, pendamping program Zmart dan perwakilan saudagar Zmart Jakarta Timur yang akan menjadi stock point. Koperasi SRI selaku mitra DC Zmart merupakan mitra dalam pengadaan produk sembako bagi seluruh saudagar Zmart yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan tangerang.

Salah satu keberhasilan dalam pendampingan usaha adalah sustainable (keberlanjutan) usaha itu sendiri dan menangkap peluang-peluang dan tantangan yang ada. Salah satu program Zmart sendiri adalah memfasilitasi para saudagar Zmart dari yang awalnya merupakan mustahik menjadi muzakki dengan menjadikan para saudagar Zmart menjadi stock point seller dari Distributor Point sebagai kepanjangan dari program Zmart.

Pada agenda ini, para saudagar dijelaskan secara terperinci terkait mekanisme, salah satunya adalah memahami aplikasi Zmart, mengetahui produk pesanan para saudagar Zmart dan menyediakan sarana tempat untuk menyimpan produk. Selain itu, kelebihan menjadi Stock Point diantaranya yaitu akan mendapatkan keuntungan sebesar 1,25% dari omzet penjualan yang telah dicapai.

Setelah agenda sosialisasi tersebut, pengurus koperasi menjelaskan terkait keanggotaan koperasi SRI. Mereka juga menjelaskan tentang manfaat-manfaat yang akan didapat para saudagar sebagai anggota koperasi. Beberapa hal diantaranya yaitu mendapat SHU dan dapat mengajukan pinjaman usaha. Selanjutnya, para saudagar didaftarkan menjadi anggota koperasi sehingga dapat menikmati keuntungan dan manfaat setelah menjadi anggota koperasi SRI.

#BAZNAS
#LPEM
#Zmart
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment