Jakarta (08/09) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS lakukan pendampingan kepada belasan pelaku (Usaha Menengah Kecil Mikro) UMKM di kawasan kelurahan Kalibaru dan Kelurahan Warakas, Jakarta Utara untuk miliki Legalitas Usaha.

Para pelaku UMKM didorong dan didampingi untuk pembuatan legalitas usaha berupa pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Menengah Kecil (IUMK) yang dibuat melalui OSS ( Online Single Submission)

Salah satu pedagang binaan Gita (30) menuturkan kegembiraanya sudah memiliki izin usaha. “Sekarang baru tahu sekarang bisa mengurus izin usaha secara Online, karena selama ini harus ke kecaman terlebih dahulu. Alhamdulillah sekarang Sosis dan Roti Bakar mbah Kibut udah miliki izin usaha. Semoga dengan diperolehnya izin ini bisa secara tidak langsung memningkatkan kepercayaan pembeli.”

Sependapat dengan Ibu Gita, Kevin Arthur Herivo selaku Pendamping Mustahik Pengusaha yang terjun langsung mendampingi pelaku UMKM menuturkan bahwa pentingnya UMKM memiliki izin usaha. Selain itu jumlah mustahik binaan yang telah mendapatkan legalitas usaha sebanyak 12 mustahik.

“Setiap pelaku UMKM terutama binaan Baznas wajib memiliki izin usaha. Dengan dimilikinua izin usaha berarti usaha yang dijalani telah diakui oleh pemerintah dan sesuai dengan peraturan hukum. Selain itu dengan izin ini meningkatkan kepercayaan konsumen dalam membeli produk yang kita jual. Tentunya kepercayaan konsumen merupakan salah satu faktor utama dari keberhasilan usaha kita.”, Ujarnya.

Kedepannya LPEM BAZNAS akan terus meningkatkan kualitas produk usaha mustahik agar dapat memiliki sertifikasi halal produk dan pengembangan usaha lainntya.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment