Bogor (7/5), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS menyelenggarakan aksi edukasi #MenanamdiRumah kepada mustahik binaan di titik Integrasi Program BAZNAS di Kp. Batik Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Aksi tersebut dilakukan untuk mengedukasi ibu-ibu binaan LPEM BAZNAS tentang beberapa tips dan trik sederhana serta hemat menanam tanaman pangan di rumah. Di tengah anjuran pemerintah untuk stay at home, Aksi #MenanamdiRumah selain dapat menjadi suatu kegiatan produktif juga sebagai penghilang rasa stress dikarenakan kurangnya aktivitas di luar. Selain itu, aksi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan bahan yang ada di sekitar untuk mendorong ketahanan pangan di tengah wabah COVID-19.

Materi yang diberikan berupa pengetahuan tentang berbagai wadah tanam sebagai pengganti pot, berbagai jenis media tanam gratis yang dapat ditemukan di sekitar kita, serta metode penanaman beberapa sayuran hijau, cabai, tomat hingga pepaya california. kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung yang dilaksanakan oleh 15 ibu-ibu mustahik binaan dengan diiringi tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman, kegiatan tersebut tetap dengan menggunakan standar pencegahan COVID-19 dengan penggunaan Masker dan penerapan physical distancing.

Tanaman yang ditanam saat kegiatan adalah bayam, kangkung, caisim, pakcoy dan sawi, tanaman tersebut merupakan tanaman yang dapat ditanam dengan waktu singkat, sangat cocok untuk ditanam pada masa pandemi saat ini, dimana masyarakat membutuhkan konsumsi sayuran sebagai sumber nutrisi nabati.

“Tanaman sayur mayur yang ditanam adalah yang masih dalam bentuk bibit. Bibit tersebut ditanam di dalam sebuah polybag, pot, atau plastik bekas sampah rumah tangga yang relevan diterapkan di wilayah urban – semi urban seperti di Kp. Cibuluh ini,” Ujar Koordinator Lumbung Pangan, Yogi Dwiyantono dalam mengedukasi mustahik.

Setelah aksi edukasi ini, diharapkan mustahik yang mengikuti aksi dapat mengajarkan ilmu yang diperoleh ke warga lainnya. Sehingga ketahanan pangan rumah tangga di tengah kondisi COVID-19 pada daerah Kp. Batik Cibuluh dapat terjaga. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam memanfaatkan lahan di sekitar rumah.

Untuk tetap melaksanakan anjuran pemerintah mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar, kegiatan dilaksanakan dengan melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 melalui penerapan penggunaan masker, menjaga jarak, dan memperhatikan kesehatan masing-masing peserta.

#BAZNAS
#lpembaznas
#LumbungPangan
#GerakanMenanamDiRumah
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment