Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan pendampingan dengan materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta Kehigienisan Usaha di kelompok Ben Mulyo Amanah, Sawangan Baru, Kota Depok, (23/11). Pendampingan ini merupakan salah satu intervensi yang dilakukan LPEM BAZNAS terhadap mustahik binaannya agar para mustahik memiliki prosedur K3 serta memahami kehigienisan usaha dengan mempraktekkan membuat job safety analysis serta kehigienisan usaha.

Pendamping Program Mustahik Pengusaha BAZNAS, Buky Fathan juga mendorong mustahik untuk evaluasi tentang analisa usaha, guna mengetahui proyeksi keuntungan dan kelayakan usaha yang dijalankan sehingga mustahik kelompok mampu memaksimalkan potensi potensi usaha serta pengembangan lainnya.

Samanih (40) salah satu mustahik kelompok Ben Mulyo Amanah Depok, mengungkapkan bahwa dirinya menjadi lebih memahami tentang cara evaluasi analisa usaha yang dijalankan.

Lalu dilanjutkan dengan evaluasi tentang inovasi dan diversifikasi usaha yang sudah dipraktekkan, dengan memandu megevaluasikan di kertas hingga menggali inovasi serta diversifikasi kedepannya. Selanjutnya pembahasan tentang pengembangan usaha bersama kedepannya, dengan nantinya memanfaatkan etalase yang didapatkan untuk usaha bersama secara konsinyasi beserta memanfaatkan go-food hingga pemasaran online lainnya.

Selain itu pembahasan tentang pembiayaan akses modal lain, dengan mensosialisasikan untuk menjadi anggota Koperasi Bina Mulya. Dengan adanya edukasi, evaluasi hingga sosialisasi ini, diharapkan para mustahik mampu memahami prosedur K3 & kehigienisan yang sudah terpasang, mengetahui keuntungan & kelayakan usaha yang dijalankan, serta mampu memberikan inovasi & diversifikasi usaha kedepannya, hingga dapat memahami & menyusun strategi pengembangan usaha bersama guna untuk persiapan kemandirian program.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment