Jumat (26/06), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan fasilitasi Sekolah Cendikia BAZNAS kegiatan Menanam di Rumah berupa pelatihan Tasabulampot yang bertempat di Desa Integrasi BAZNAS, Jl. Cirangkong No.14, Cemplang, Kec. Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat

Materi kegiatan ini adalah menanam tasambulampot (tanaman, sayur, buah dalam pot) merupakan kegiatan menanam buah dan sayuran dengan luas lahan yang sempit menggunakan media pot atau polybag. kegiatan menanam sayur dan buah organik dilakukan tanpa pestisida/ bahan kimia.

Menurut penanggung jawab kegiatan, Ibnu Hardiana menuturkan bahwa hal ini menjadi Langkah BAZNAS untuk mendorong ketersediaan pangan mandiri yang mudah diakses oleh masyarakat, serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi petani di masa pandemi COVID-19.

Pelatihan yang diadakan di zona integrasi desa binaan BAZNAS tersebut melibatkan tenaga pendidik Sekolah Cendekia BAZNAS sebagai pemateri dan peserta yang keseluruhannya berjumlah 12 peserta. Selanjutnya peserta kegiatan akan mengajarkan ke murid didik mereka untuk menumbuhkan minat bertani sejak dini.

“Lahan kosong di sekolah cendekia BAZNAS akan dimanfaatkan untuk menanam sayuran dan buah buahan untuk kebutuhan pangan. Untuk itu, selama pelatihan yang berlangsung sekitar 2-3 jam tersebut peserta melakukan praktek langsung dan tanya jawab.” ujar pemateri, Ibnu Hardiana

Saat kegiatan berlangsung, masing-masing peserta mendapatkan satu paket sebagai bahan praktek berupa media tanam, pupuk kompos, tanaman buah, benih sayur dan polybag, serta nantinya oleh pendamping lapangan akan melakukan mentoring di setiap bulannya terkait keberlangsungan tanaman mereka.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MenanamdiRumah
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment