Di era globalisasi ini masyarakat pada umumnya dituntut akan kreatif dan inovatif, untuk meningkatkan persaingan perekonomian, terlebih lagi anak muda masih memiliki banyak waktu-waktu produktif yang bisa dimanfaatkan dengan hal-hal positif dalam kemajuan negeri ini.

Seperti yang dilakukan kelompok Darhik Printing pada hari Minggu (15/3), mustahik Digital Printing binaan LPEM BAZNAS yang bekerjasama dengan Lentara Huma Berhati (LHB), saat ini sedang melakukan pelatihan pembuatan desain pin hingga praktek cetak pin, untuk mengasah skill desain grafis dalam meningkatkan perekonomiannya.

Pada saat dikunjungi pendamping Mustahik Pengusaha yakni Buky Fathan Suhada di Pondok Pesantren Daar El-Hikam, di Jl. Menjangan Raya, Pondok Ranji, Kota Tangerang Selatan, Banten. Anggota kelompok Darhik Printing dalam sesi pembuatan desain pin hingga praktek cetak pin, terlihat sangat berantusias dalam mengikuti pembelajaran.

Dalam pembelajaran pembuatan desain pin, dibimbing oleh Kak Ane dan dibantu oleh rekan Lentara Huma Berhati (LHB) lainnya yakni Kak Diya dan Kak Lilis, dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop di laptopnya. Untuk memperlancar dalam pelatihannya, anggota kelompok Darhik Printing dibagi menjadi 3 sub-kelompok. Dan masing-masing sub-kelompok membuat desain pin di aplikasi Adobe Photoshop. Dalam pembuatan desain pin ini, sub-kelompok Darhik Printing ada yang membuat dengan logo BAZNAS, logo Ponpes Daar El-Hikam, hingga logo Ust. Bahar. Setelah pembuatan desain pin jadi, desain pin tersebut dicetak di printer. Dan hasil cetakan dipotong menggunakan gunting dengan cara pola mengguntingnya hingga diluar garis lingkaran, sehingga dalam memasukan ke alat pembuatan pin sesuai dengan ukurannya.

Setelah itu seng pin beserta hasil dari potongan cetakan dimasukan kedalam lubang A pembuatan pin, lanjut diputar, ditekan, dan dilepas dengan memastikan seng pin beserta hasil dari potongan cetakan naik keatas. Setelah seng pin beserta hasil dari potongan cetakan naik keatas, penutup pin yang ada peniti nya dimasukan kedalam lubang B, dilanjut diputar, hingga memastikan kuncian alat pembuatan pin rata, lalu ditekan, dan di lepas, alhasil pin sudah jadi.

Dengan adanya pelatihan digital printing ini, bertujuan agar mustahik anggota kelompok Darhik Printing, mampu membuat desain dan cetakan pin yang baik dan bermutu sesuai standart profesional pelaku digital printing.

BAZNAS

LPEM

MustahikPengusaha

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment