Serang (26/02). Sistem agribisnis merupakan suatu konsep yang dapat diartikan sebagai semua aktivitas utuh dan komprehensif mulai dari hulu sampai hilir serta saling terkait satu sama lain. Sistem ini diinisiasi oleh LPEM BAZNAS melalui program Lumbung Pangan di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang untuk membentuk petani-petani berdaya sejahtera dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi muzaki.

Dalam perjalanannya, LPEM BAZNAS telah memberikan bantuan berupa pengembangan usaha sejak November 2019 dan diberi nama Kelompok Cahaya Tani. Melalui pendamping program Lumbung Pangan Serang, M Pirdaus telah memberikan pendampingan terhadap perubahan mindset petani dan perbaikan dari penanaman, pengelolaan hasil pasca panen hingga sampai ke tangan konsumen.

Dari sub hulu, LPEM BAZNAS telah melakukan pengadaan sarana dan penyaluran sarana produksi pertanian, antara lain terdiri dari benih, bibit, pupuk, obat-obatan hama dan penyakit, serta peralatan pertanian yang dihasilkan oleh industri sebagai modal kegiatan pertanian.

Dari sub budidaya, LPEM mendorong kegiatan pertanian dalam penggunaan modal usaha tani dan sumberdaya alam untuk menghasilkan komoditas pertanian primer seperti pertanian, usaha pupuk pestisida dan jasa.

Dari sub hilir (Pengolahan dan Pemasaran), LPEM juga mendukung kegiatan ekonomi dengan memberikan bantuan mesin giling padi untuk mengolah hasil produk usaha tani menjadi produk olahan kemudian didistribusikan ke konsumen.

Dari sub pendukung, LPEM juga memfasilitasi kegiatan-kegiatan pendukung, diantaranya memberikan kepercayaan kepada kelompok untuk menyiapkan zakat fitrah dan pengadaan beras zakat bagi BAZNAS daerah.

Petani binaan berharap dengan adanya pendampingan dari hulu ke hilir, mustahik petani dapat meningkatkan kualitas panen.

Leave a Comment