Jakarta (08/08) – Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS dibawah program pengembangan bisnis menyelenggarakan Pelatihan Memasak Nasi Kebuli dan Analisa Usaha secara online. Pelatihan ini merupakan yang kedua kalinya dan untuk kali ini diadakan di Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Gedung Pusat Industri Kayu dan Meubel (PPIKM) Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung via Zoom Cloud Meeting dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB.

Sebelumnya LPEM BAZNAS telah melaksanakan kegiatan yang sama pada bulan Juli lalu dimana total peserta yang mendaftar sebanyak 900 orang. Sedangkan pada pelatihan kedua ini total peserta yang mendaftar sebanyak 1200 orang. Peserta yang hadir diisi dengan beragam usia dan latar belakang pekerjaan yang berbeda serta wilayah hampir seluruh Indonesia.

Direktur LPEM BAZNAS, Deden Kuswanda dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membangun usaha di masyarakat terutamanya di UMKM. “Saya berharap adanya sinergi positif dan kerjasama yang baik dan lebih intensif antara LPEM BAZNAS dengan KUKMP Jakarta Timur dalam hal membina para UKM terkhusus di Jakarta Timur”, Kata Deden.

Sambutan kedua diisi oleh Kepala Suku Dinas UMKM Kotamadya Jakarta Timur. Raden Igan Muhammad Faisal dalam sambutannya berterima kasih kepada LPEM BAZNAS karena sudah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga berharap masyarakat dapat membuka usaha kuliner nasi kebuli di tengah pandemi COVID-19.

Pada sesi pelatihan memasak, Wan Syarif mengungkapkan bahwa pembuatan nasi kebuli dengan modal ekonomis cukuplah mudah dan kembali ke selera. Beliau juga mengingatkan kepada peserta pelatihan untuk berwirausaha dengan rumus ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Dengan begitu usaha yang dimiliki memiliki ciri khas dan tempat yang baik di hati customer. Peluang usaha dapat datang dari berbagai kesempatan dalam kehidupan kita, jadi marilah kita meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekeliling kita.

Pelatihan nasi kebuli tidak selesai dan hanya di aplikasi Zoom saja. Namun peserta yang mengikuti pelatihan juga membuat nasi kebuli kreasi mereka sendiri dan membagikannya di group pelatihan. Sebagian dari mereka pula sudah ada yang menjalankan usaha nasi kebuli setelah mengikuti pelatihan di Batch 1 dan membantu membagikan hal positif kepada peserta lainnya yang ingin memulai berbisnis nasi kebuli di rumah. 
LPEM BAZNAS akan terus memberikan pelatihan pelatihan UMKM kepada para pelaku UMKM dan masyarakat luas di tengah pandemi COVID-19. Bagi masyarakat yang belum menyaksikan pelatihan nasi kebuli, dapat dilihat melalui Youtube Channel LPEM BAZNAS.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#UMKMClassBAZNAS
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment