Bogor (21/01). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan, kembangkan rumah semai yang berfungsi sebagai tempat persemaian, pembesaran sayuran dan sebagai tempat edukasi semai yang berlokasi di Di Kel. Margajaya, Kec Bogor Utara, Kota Bogor.

Pendamping program Lumbung Pangan, Tarjoni mengungkapkan bahwa rumah semai ini direncanakan akan selesai pada tanggal 25 Januari mendatang dengan luas 50 meter persegi, mengingat curah hujan yang tinggi membuat terkendalanya proses pembangunan rumah semai.

“Aktifitas petani saat ini sembari menunggu proses pembangunan rumah semai adalah dengan perlahan melaksanakan proses penyemaian di tempat sederhana dan tradisional pada pagi hingga menjelang siang.” ujar Tarjoni.

Mengusung tema Pertanian Terpadu Dalam Kota dengan membangun budidaya sayuran lahan hamparan dan di rumah semai, budidaya tanaman buah dalam pot (Tasabulampot), budidaya ikan dengan memanfaatkan suusukan (sungai kecil sekitar lahan) dan rumah sampah organik dengan harapan mampu menjadi tempat pembuatan pupuk organik dari limbah dapur sehingga mampu membantu kebutuhan pupuk di kebun.

Harapannya dengan berjalannya rumah semai, ke depan akan menjadikan lokasi rumah semai sebagai destinasi wisata dan edukasi pertanian terpadu Kota Bogor.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan
#RumahSemai

Leave a Comment