Jakarta (14/09). Di tengah pandemi COVID-19 membuat masyarakat untuk melaksanakan segala protokol kesehatan demi meminimalisir penyebarannya, hal ini berdampak bagi pembinaan kepada mustahik binaan LPEM BAZNAS yang mengharuskan untuk meniadakan pertemuan kelompok dan lebih kepada pendampingan personal.

Mahrozah (41th) merupakan mustahik saudagar Zmart yang berlokasi di Jalan Gang Gemilang 1, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sebelumnya Ia telah mendapatkan bantuan pada Juni 2020 berupa pendampingan intensif, bantuan modal usaha dan renovasi warung.

Dalam pendampingan personal, pendamping program Zmart, Hafsah mengungkapkan bahwa pendampingan ini untuk memantapkan mustahik dalam memahami penggunaan tablet dan mengakses Aplikasi Zmart serta repeat order ke DC. Dalam pendampingan juga beliau mengungkapkan tentang pendapatan usahanya mulai ada perkembangan. Saat ini, selain menjual sembako Mahrozah juga menjajakan sayur, ayam potongan, ikan, kelapa santan dan kebutuhan pokok lainnya.

Di lokasi yang tidak jauh dari Mahrozah, terdapat saudagar lainnya yakni Romlah (45th). Ia juga mengalami peningkatan penjualan di bulan berikutnya pasca bantuan usaha. Disamping berjualan sembako, beliau juga berjualan nasi uduk di sore harinya.

Kedepannya, pada masa pendemi covid ini, pendampingan secara personal kepada mustahik binaan akan terus digerakkan agar dapat memotivasi mustahik baik dari segi usaha maupun religi khususnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#Zmart
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment