Garut (15/09). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui pendamping program Lumbung Pangan, Sandra lakukan pendampingan kepada salah satu anggota kelompok Salam Berkah di Ds. Sukalilah Kec. Sukaresmi Kab. Garut.

Kelompok Salam Berkah yang terdiri dari 20 petani binaan ini memiliki luasan lahan berkebun seluas 10 Ha ini telah mengembangkan budidaya kebun kopi dan bawang daun, serta telah memetik hasil panen bawang daun di lahan salah satu anggota kelompok Lukman sebanyak 300kg.

Pendampingan kali ini dilakukan saat petani binaan beraktivitas di kebun kopi dan bawang daun. Petani binaan terus mengembangkan tanamannya khususnya bawang daun. Hal ini karena pertanian daun bawang telah mendapatkan hasil dan harga yang relative baik. Selain dijual, sebagian bawang daun disisihkan untuk dijadikan bibit kembali sehingga sampai saat ini tanaman daun bawang terus dibudidayakan.

“Program Lumbung Pangan BAZNAS menjadi hal baru di kelompok kami, karena sebelumnya kami belum pernah mendapatkan bantuan dibidang pertanian yang terus didampingi oleh pendamping, sehingga dalam budidaya kita terus diberikan pengarahan dan bimbingan lainnya. Mudah-mudahan hasil yang didapat bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian anggota dan keluarga”. ujar Lukman

Kondisi lahan milik Lukman ini tergolong strategis karena berada di bawah sehingga saat musim kemarau seperti ini bisa mendapatkan air untuk penyiraman tanaman. Nantinya jika sudah memasuki musim hujan, akan dilaksanakan penyulaman tanaman kopi yang tumbuh kurang baik.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment