Jakarta (10/11), Pendampingan kelompok berupa penyampaian materi pengembangan usaha merupakan salah satu intervensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kepada mustahik binaannya. Salah satunya adalah yang saat ini dilakukan pendamping kepada 10 orang anggota kelompok Berkah Sejatera yang berlokasi di Cipinang Kebembem, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Pendampingan kelompok yang dipimpin langsung oleh pendamping Mustahik Pengusaha, Anwar Sugandi mengusung materi tentang strategi promosi dan pemasaran usaha. Materi ini merupakan salah satu materi yang tercantum dalam silabus pendampingan. Silabus disusun sesuai kebutuhan mustahik di masing-masing program. 

Startegi promosi dan pemasaran usaha yang bisa dilakukan mustahik adalah menentukan merk usahanya, tagline usaha, segementasi, target dan positioning (STP). Hal tersebut ditujukan agar setiap mustahik binaan dapat membuka peluang inovasi pemasaran produk mereka.

Seluruh materi yang disampaikan pada pertemuan kelompok tersebut bertujuan agar usaha mustahik selalu mengalami perkembangan. Sehingga hal ini akan menghadirkan pengusaha baru yang memiliki spirit usaha yang bagus untuk menggapai kesuksesan.

Tindak lanjut dari pemaparan materi ini adalah dengan mewajibkan setiap mustahik binaan untuk menentukan merk dan tagline usahanya semenarik mungkin. Mustahik juga diarahkan agar mulai merambah penjualan online dengan cara mendafatarkan usahanya di flatform digital marketing seperti YouTube, Whatapp, dan Instagram.

BAZNAS berharap, dengan adanya pendampingan kelompok dan personal ini dapat meningkatkan kapasitas diri mustahik dalam setiap pengembangan usahanya. Tak lupa di setiap pendampingan baik kelompok maupun personal, LPEM BAZNAS akan terus menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment