Selasa (30/6), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan mengadakan pelatihan Menanam di Rumah dengan tema Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di zona integrasi Desa Cemplang, Kec. Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, yang bertujuan untuk mendorong gerakan pangan mandiri di tengah pandemi COVID-19.

Budikdamber merupakan alternatif Budidaya ikan yang dipadukan dengan sayuran (polikultur). Umumnya, jenis ikan yang digunakan untuk budidaya adalah lele. Caranya sederhana, yakni menggunakan media ember sebagai kolam lele dan wadah plastik sebagai media tanam sayuran.

Pelatihan dipandu oleh penggerak agrowisata dan Staf Akademik SCB, Muhammad Ibnu Hardiana. Pelatihan ini merangkul peserta yang nantinya akan kembali mengajarkan cara menanam dirumah ini dilingkungan sekitar tempat tinggalnya. Pelatihan ini dipraktikkan secara langsung langkah-langkah membuat kolam dengan ember, pemilihan ikan jenis sayuran yang dapat di panen, media penanaman, kebutuhan cahaya, jadwal penggantian air, dan lainnya.

“Ada cara tanam yang sedang populer, dengan menggunakan Arang, Tanah, Sekam atau untuk tanaman sayur buah menggunakan AKT (Arang, Kain dan Tanah)” kata Ibnu kepada 15 peserta pelatihan yang merupakan tenaga pendidik SCB.

Selanjutnya, peserta akan didampingi selama enam bulan dengan menggunakan teknik budikdamber yang telah dijelaskan.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#SekolahCendekiaBaznas
#MenanamdiRumah
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment