Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS lakukan edukasi pencatatan keuangan sederhana di kelompok Barokah Food di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, (20/10).

Pendampingan kali pertama yang dilaksanakan kelompok Barokah Food pasca disalurkannya modal usaha merupakan salah satu intervensi yang dilakukan LPEM BAZNAS terhadap 15 mustahik binaan.

Pembahasan dipimpin langsung oleh Pendamping Mustahik Pengusaha BAZNAS, Buky Fathan. Ia memberikan pemahaman kepada mustahik dalam mengelola keuangan usaha yang baik, tidak mudah habis, dan barokah.

“Pemahaman mengenai pencatatan keuangan pada mustahik binaan LPEM BAZNAS menjadi aspek terpenting yang wajib dipahami.” ujar Buky

“Baru beberapa UMKM saja yang sadar dan terbiasa mencatat setiap transaksi keuangan usahanya. Untuk tahap awal mustahik diberikan edukasi untuk mencatat omset, modal kerja, total, hingga tabungan dan infaq secara rutin. Dengan mencatat keuangan, akan terlihat kondisi cashflow usahanya mengalami laba atau rugi. Selanjutnya dari hasil tersebut bisa dievaluasi agar pendapatannya dapat meningkat hingga target menjadi muzaki semakin dekat,” tambah Buky.

Ilham (48) salah satu mustahik kelompok Barokah Food Depok, mengungkapkan bahwa dirinya menjadi lebih memahami tentang pentingnya pencatatan keuangan usaha. Selain itu pendamping juga membuka mindset para mustahik tentang sukses berjualan, karena pada tahapan ini merupakan pondasi awal dari kesuksesan usaha mustahik.

Selain itu, pendamping juga memberikan pemahaman tentang setting right goal dengan meluruskan dan meluaskan niat dalam berusaha. Diakhir sesi pendamping menggali para binaannya, tentang rahasia terbesar niat dalam menjalani usahanya.

Harapannya dengan adanya edukasi, dan coaching ini diharapakan agar para mustahik dapat selalu memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalankan usahanya. Selain itu, mustahik juga bisa berdaya secara ekonomi dan pantang menyerah walaupun banyak rintangan menghadang.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment