Di Era Globalisasi saat ini, kreativitas dan inovasi memang sudah menjadi harga mati untuk bisa berkembang, bahkan survive di dalam persaingan bisnis. Baik itu usaha sekelas perusahaan internasional, hingga UMKM pun dituntut untuk bisa berinovasi lewat ide-ide yang fresh dan membutuhkan kreativitas tinggi. Ketatnya persaingan bisnis tersebut juga turut memberikan dampak kepada usaha Handycraft milik Bu Mardiana, mustahik binaan LPEM BAZNAS yang bertempat tinggal di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Berlatar belakang hal tersebut, LPEM melalui pendamping program selalu mendampingi usaha mustahik hingga bisa mandiri. Adapun salah satu Indikator suatu usaha mustahik dapat dikatakan mandiri adalah adanya kemampuan untuk mengakses pasarnya sendiri, salah satunya melalui sosial media Instagram.

Selama ini, Ibu Mardiana hanya memproduksi handycraft ketika mendapat pesanan dari teman terdekat karena belum mendapatkan pasar yang tepat dan kurangnya modal bahan baku yang dimilikinya. Namun hal tersebut tak menyulutkan semangatnya untuk mengembangkan usahanya, apalagi setelah mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan oleh LPEM BAZNAS.

Kendala utama yang dimiliki oleh Ibu Mardiana adalah kurangnya pengetahuan dan pengalamannya dalam menggunakan teknologi, sehingga menjadi penghalang untuk bisa meluaskan pasar melalui internet. Salah satu pendamping program Mustahik Pengusaha wilayah Depok, Buky Suhada membantu usaha handycraft Ibu Mardiana dengan menguatkan pemasarannya melalui Instagram.

Salah satu materi coaching yang diberikan adalah penggunaan hashtag yang dimiliki oleh Instagram pada setiap postingan. Hashtag merupakan salah satu fitur penting yang berfungsi untuk mempermudah suatu konten dapat ditemukan oleh orang banyak. Dengan menggunakan hashtag secara efektif, dapat menambah kemungkinan produk Ibu Mardiana lebih mudah ditemukan dan dibeli pelanggan.

Buky menjelaskan, bahwa ada salah satu tools hashtag Instagram generator yang dapat digunakan oleh mustahik dalam memudahkan mendapatkan hashtag yang efektif dan lebih tertarget, yaitu leetags. Buky juga menambahkan bahwa dalam aplikasi leetags, user dapat melakukan generator dengan mudah dan aplikasi langsung memberikan list hashtag yang dapat digunakan berdasarkan jenis produk, lokasi, dan target pasar.

“Alhamdulillah, kini Ibu Mardiana sudah bisa aktif dan beriklan di instagram business dengan memanfaatkan tools leetags untuk membranding akun usaha handicraft souvernirnya dengan iklan menggunakan hastag populer yang banyak dan tertarget.” Jelas Buky.

Leave a Comment