Garut (12/11). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan laksanakan Latihan Dasar Kelompok. Kegiatan ini diikuti oleh 5 calon mustahik anggota Kelompok Wanita Tani Putri Sawargi di tempat produksi Sirup Lemon Ds. Sukawargi Kec. Cisurupan Kab. Garut.

Dipimpin langsung oleh pendamping program Lumbung Pangan, Sandra mengungkapkan bahwa kelima mustahik wanita ini sebagai tindak lanjut dari pengembangan usaha dan akan menambah KWT Putri Sawargi. Sebelumnya kelompok ini berjumlah 5 mustahik, kini sudah memiliki 10 anggota dalam setiap pelaksanaan kegiatan produksi Lemon Garut.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua KWT Putri Sawargi, Reni dan mitra KWT, Ade Setiawan selaku fasilitator rumah produksi lemon serta perizinan BPOM dan Halal produk. Selain menyampaikan materi, pendamping pun memberikan arahan kepada anggota baru untuk selalu berperan aktif memberikan pendapat dan masukan-masukan yang membangun untuk kemajuan bersama.

Sebelum pelaksanaan LDK, seluruh calon mustahik telah medapatkan pelatihan pengelolaan produksi lemon di rumah produksi lemon. Pelatihan ini dimulai dari pemerasan lemon, pengolahan sirup hingga pengemasan lemon siap jual.

Kedepannya, seluruh mustahik binaan akan diberikan pendampingan intensif berupa pelatihan dasar pencatatan keuangan, pengelolaan produk, sertifikasi Halal produk hingga lingkup pemasaran produk. Tidak sampai itu saja, BAZNAS akan mendampingi para mustahiknya dari segi religiusitas agar kedepannya mustahik binaan akan menjadi muzaki di masa yang akan datang.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment