Pamulang (15/11). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melaksanakan kegiatan pelatihan Budidaya Ikan di dalam Ember (Budikdamber). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama aktivitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang dan 44 Mustahik di Masjid Qubatul Islam, Kel. Bambu Apus, Kec. Pamulang, Tangerang Selatan.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 08.00 – 15.00 diawali dengan pembukaan dari Ketua PKM UNPAM, Ketua RW setempat, Perwakilan UNPAM dan Kepala LPEM BAZNAS. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi dan praktek budidaya ikan dalam ember.

Dalam sambutannya, Deden Kuswanda mengungkapkan bahwa sebelumnya LPEM telah melaksanan kegiatan serupa dengan konsep menanam di rumah yang telah terlaksana di 40 wilayah yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Serang, Garut dan Lampung Tengah.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Tim PKM UNPAM, Dr. Khayatun Nufus, SE., M.Si dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Lele dan Kangkung dalam Ember Sebagai Solusi Ketahanan Ekonomi Keluarga Semasa Pandemi Covid 19. Dalam penyampaiannya, pemateri mengungkapkan tentang teknik pengelolaan budidaya ikan dan potensi apa saja yang dapat dikembangkan oleh mustahik selama proses pemeliharaan serta manfaat yang dihasilkan dari kegitan Budikdamber.

Kegiatan dilanjutkan dengan tema Tata kelola Air, Budidaya Kangkung dan Kesehatan Lele Hingga Panen oleh Dr. (can) Rita Satria, S.E., MM. Ia membahas tentang bagaimana cara mengelola air agar kesehatan lele dan kangkung tetap terjaga serta mampu mendapatkan hasil terbaik setelah 80 hari masa budidaya sehingga mustahik dapat memenuhi kebutuhan pangan hewani dan nabati.

Selain penyampaian materi, PKM UNPAM yang diwakili oleh Ir. Nofiar, M.M, juga memberikan ilmu berupa praktek langsung bersama seluruh mustahik dalam memanfaatkan dan memaksimalkan perlengkapan yang diberikan berupa ember, cup gelas, nutrisi ikan, bibit lele, bibit kangkung dan pangan ikan. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh mustahik dapat langsung mempraktekkan apa yang disampaikan oleh pemateri langsung.

Dalam pelaksanaannya, seluruh mustahik dan panitia PKM UNPAM telah diberikan arahan terkait pencegahan Covid-19 dengan pengecekan suhu, penggunaan masker dan physical distancing.

#BAZNAS
#LPEM 
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment