Pada (10/9) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui pendamping program Zmart wilayah Bogor lakukan pendampingan intensif kepada beberapa saudagar Zmart. Salah satunya Bu Rokoyah di daerah Kelurahan Kebon Pedes Kota Bogor, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan salah satunya memakai masker dan jaga jarak.

Pendampingan intensif dilakukan untuk meninjau saudagar Zmart dalam menerapkan materi-materi yang sudah disampaikan dalam pertemuan kelompok dan juga melengkapi berkas-berkas yang ada, Salah satunya laporan omzet dan stock opname.

Untuk laporan omzet sendiri Bu Rokoyah sudah cukup baik sehingga dalam keadaan seperti inipun ketika mengalami penurunan omzet terasa sekali ketika melaporkan omzet mingguan ke pendamping Zmart. Karena sebelum pandemi Bu Rokoyah bisa mendapatkan omzet 700.000 – 900.000 sehari. Di tengah pandemi seperti ini omzetnya mengalami penurunan akan tetapi tidak terlalu signifikan.

Pendamping dan saudagar selanjutnya mulai mendiskusikan terkait penambahan variabel produk dalam keadaan pandemi. Salah satunya jualan voucher kuota, meski pernah jualan voucher kuota namun Bu Rokoyah tidak berjualan lagi karena terkendala modal yang terpakai.

Kedepannya Bu Rokoyah akan memikirkan kembali untuk berjualan voucher kuota. Sebab didalam keadaan seperti ini belajar online, rapat online dan lain sebagainya yang serba online.

#BAZNAS 
#LPEM 
#ZMART 
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment