Jakarta (11/11). Penyaluran bantuan modal usaha Kopi Sepeda kepada 27 mustahik binaan dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan EKonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Cipinang kebembem RT 10 RW 13, Kel. Pisangan Timur, Kec. Pulogadung, Jakarta Timur. Bantuan modal usaha ini terdiri dari sepeda, perlengkapan usaha, dan bahan baku usaha.

Bantuan modal usaha yang dipimpin langsung oleh pendamping program Mustahik Pengusaha, Anwar Sugandi. Ia menyebutkan bahwa bantuan kelompok kopi sepeda terdiri dari sepeda, termos, alat kopi kekinian dan bahan baku usaha yang dapat segera digunakan mustahik dalam menjajakan usaha jualan kopi keliling di beberapa wilayah Jakarta.

Mustahik yang diberikan bantuan tersebut merupakan mustahik yang terdampak covid-19. Sebagian besar merupakan korban PHK, pengangguran dan buruh lepas.

Sardjono (40th) salah satu mustahik binaan mengaku sangat senang karena mempunyai usaha sendiri. Ia beraharap segera mendapat penghasilan setelah beberapa bulan terakhir tidak memiliki pekerjaan dan hanya mengandalkan pendapatan dari sang istri, itupun hanya mampu untuk makan sehari hari.

Kedepannya, kelompok usaha kopi keliling akan memiliki koperasi sendiri sebagai pusat jual beli bahan baku usaha kopi sepeda. Koperasi ini sekaligus menjadi unit usaha bersama yang dikelola oleh 50 mustahik yang tergabung dalam kelompok kopi sepeda, dimana 23 mustahik kopi sepeda lainnya sudah disalurkan di wilayah Jakarta Selatan.

Setelah mendapatkan bantuan modal usaha, nantinya mustahik akan mendapatkan pendampingan baik dari segi pengembangan usaha maupun dari segi religiusitas mereka. Melalui pendampingan nantinya, LPEM BAZNAS akan terus memonitoring usaha para mustahik agar berjalan sebagaimana mestinya serta mengantarkan mustahik ke gerbang kesuksesan menjadi pengusaha-pengusaha baru yang dapat memberi manfaat untuk orang lain.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment