Garut (19/06), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan melaksanakan kegiatan Menanam di Rumah bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Sawargi di Kp. Campaka Ds. Sukawargi Kec. Cisurupan, Garut, dengan tujuan menjadikan keluarga mandiri pangan, memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif

Melalui ketua kelompok tani Ibu Reni Purnawanita (37th) mengungkapkan bahwa menanam sayur bukan berarti kita harus memiliki lahan yang luas. Menanam sayur bisa juga tanpa hal itu. Ya bagi kami bercocok tanam sayur tidak membutuhkan area yang luas. Kami menanam berbagai macam sayur di depan rumah. Ada bawang, kangkung, bayam, seledri, cabai, dll. Kegiatan ini selain mudah, juga bermanfaat karena sayur tersebut dapat kita masak untuk konsumsi sehar-hari dengan kualitas sayur yang jauh dari pestisida.

Kegiatan ini di fokuskan pada persiapan media persemaian pada polybag plastik berukuran 10cm, yang nantinya akan ditanami berbagai benih-benih sayuran, media yang dipakai yaitu campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan tujuan untuk mempertahankan tingkat forositas tanah.

Menurut pendamping Lumbung Pangan, Sandra menuturkan bahwa fasilitas yang diterima kelompok ini menjadikan semangat baru bagi kelompok dan masyatakat sekitar untuk terus bercocok tanam di halaman rumah.

kegiatan ini diharapkan dapat mengajak masyarakat sekitar utk mendukung ketahanan pangan keluarga, menjadikan desa mandiri pangan, dan menjadikan sumber ekonimi alternatif

#BAZNAS
#LumbungPangan
#MenanamdiRumah
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment