Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Zmart telah memberikan pendampingan dan bantuan usaha kepada Deni Tusdiana (th) yang kini warungnya telah buka kembali. Warung Zmartnya berada di Kabupaten Garut tepatnya di Perum Bumi Malayu Asri, 002/010, Desa Mekarwangi, Kecamatan Tarogong Kaler.

Pendampingan personal dilakukan langsung oleh pendamping Zmart demi tersalurkannya manfaat pendampingan. Selain itu, pendampingan ini juga bertujuan untuk monitoring dan melihat secara langsung perkembangan Zmart tersebut setelah menjadi peserta program Zmart. Meskipun sebetulnya belum lama Zmart tersebut kembali beroperasi karena beberapa Minggu kebelakang yang bersangkutan disibukkan dengan harus rutin mengantar istri nya untuk check up ke rumah sakit, Alhamdulillah pada hari ini Zmart tersebut sudah bisa kembali beroperasi.

Selain itu pendamping juga mulai melakukan intervensi kepada saudagar Zmart dalam hal pencatatan pendapatan sederhana dan laporan omset penjualannya setiap pekan kepada pendamping. Hal ini bisa membuat saudagar Zmart mengetahui secara real perkembangan warungnya.

Deni juga bersyukur dengan menjadi peserta program Zmart ini bisa kembali membuka warungnya kembali. Sebelumnya, hampir kurang lebih selama satu tahun menutup warungnya di karenakan sakit yang di derita istrinya sehingga menjadikan prioritas utama saat itu adalah menemani istrinya untuk berobat. Alhamdulillah saat ini kondisi istrinya berangsur membaik.

Adapaun tindak lanjut dari hasil monitoring tersebut adalah kedepannya pendamping akan melakukan evaluasi terkait intervensi yang sudah di berikan. Salah satu diantaranya terkait dengan laporan omset. Selain itu, pendamping juga akan terus mengontrol kebersihan warung sebagai upaya pencegahan Covid-19.

#BAZNAS
#LPEM
#ZMART
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment