Garut (22/07), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan melaksanakan kegiatan Sekolah Tani yang bertempat di Kelompok Tani Giri Mekar Kp. Cikandang Lebak, Ds. Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok tani Giri Mekar yang berjumah 50 orang, dimana dibagi dalam 4 sesi pertemuan di tiap harinya. Secara anabolic pills for sale keseluruhan, acara ini menetapkan protokol pencegahan COVID-19 dengan tetap menggunakan masker dan penataan letak pertemuan dengan jarak minimal 1 meter.

Pada pelatihan ini menghadirkan Bapak Narma sebagai pemateri sekaligus pemilik lahan yang dijadikan untuk praktek. Beliau merupakan salah satu tokoh masyarakat setempat yang telah menekuni dunia usaha kopi sejak lama.

Pelatihan dilaksanakan dengan pemberian materi singkat yang dilanjutkan dengan praktik laapangan langsung. Materi yang disampaikan yakni mulai dari cara pemanenan sampai olahan kopi siap kemas. Pemilihan kopi yang siap panen dan cara pemanenan yang benar menjadi hal yang ditekankan kepada peserta karena proses itu menjadi awal penentu kualitas kopi yang berkualitas. Selain materi di ruangan, pelatihan ini pun dilaksanakan dilapangan mulai dari pemanenan, penggilingan, fermentasi, pengeringan, sortasi, hingga menghasilkan beras kopi yang berkualitas.

Antusias peserta terhadap kegiatan ini sangatlah baik, terlihat dari peserta dapat mengikuti semua kegiatan ini dengan tepat waktu, dan berbagai pertanyaan dan diskusi saat pemberian materi diberikan. Kegiatan ini juga dlaksanakan dengan menerapkan prosedur pencegahan penularan covid-19 agar kegiatan berjalan dengan menjaga kemanan para peserta.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan petani dapat mengenal cara mengolah biji kopi menjadi siap konsumsi sehingga dapat menjadi inspirasi untuk memulai usaha pengolahan kopi. Harapannya ke depan, petani binaan dapat memiliki produk kopi hasil produksinya sendiri.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment