Serang (05/04) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan telah mengembangkan pertanian padi milik petani kelompok Jawara Tani dan Cahaya Tani di Kp. Cimaung Jalan, Ds. Sukaraja, Kec. Cikeusal, Kab. Serang, melalui pembangunan gudang produksi yang diberi nama “Lumbung Pangan” dan mesin penggilingan beras.

Kini, petani merasakan dampak positif dari pengembangan zakat pasca pembangunan gudang produksi Lumbung Pangan dan mesin penggilingan. Berkat bantuan tersebut kedua kelompok tani binaan BAZNAS mulai menjalankan pertanian mereka dari hulu ke hilir, dimana petani mampu menanam, memproduksi beras, pengemasan hingga pemasaran dilakukan oleh kalangan petani secara mandiri.

Faoji (43th) ketua kelompok Cahaya Tani mengungkapkan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh petani dilakukan dengan bantuan media sosial dan beberapa jaringan baik keluarga maupun pertemanan. Melalui berbagai media yang dilakukan petani, kini petani Lumbung Pangan Serang mendapatkan beberapa pesanaan beras dan kanvas beras ke agen-agen di wilayah Kab. Serang dan Kota Serang.

Lebih lanjut, terhitung mulai akhir bulan Maret 2021 lalu, Lumbung Pangan Serang telah menghasilkan beras sebanyak 2 ton beras dan telah dipasarkan ke agen-agen beras. Diprediksi pemasaran beras di awal bulan April mencapai 8 ton yang akan terdistribusikan ke agen-agen beras.

“Lumbung Pangan Serang kini telah memproduksi beras dengan kualitas premium dan medium dengan ukuran kemasan di 10 kg dan 25 kg serta rentan harga dikisaran 8.500 hingga 11.500 per kilogramnya,” ujar Faoji.

Lumbung Pangan Serang kini melayani pesanan packing beras bagi petani wilayah sekitar yang membutuhkan jasa pengemasan. Pengemasan dan penggilingan dilakukan di gudang yang sama dan dikerjakan oleh 3 orang petani. Harapan kedepannya petani binaan BAZNAS dapat menjalankan pertanian secara mandiri dari hulu ke hilir sehingga mampu mensejahterakan petani hingga menjadi petani berdaya di negeri sendiri.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment