Kelompok Tani Sari Alam selaku petani binaan LPEM BAZNAS lakukan perbaikan mesin penggilingan padi yang berlokasi di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil temuan inspeksi standar mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) oleh Bidang Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Jawa Barat.

Pendamping Lumbung Pangan, Syahrul mengungkapkan bahwa pada pelaksanannya, seluruh anggota kelompok tani dibantu oleh tim ahli mesin penggilingan padi. Perbaikan mesin penggiling padi ini dilakukan pada bagian pembuangan asap mesin, dimana gas buang belum sepenuhnya keluar ruang penggilingan. Akhirnya pengurus kelompok berinisiatif untuk mereparasi pembuangan asap mesin penggilingan sehingga asapnya akan dikeluarkan dari ruangan penggilingan.

Himbauan untuk diadakannya perbaikan knalpot mesin ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminan terhadap hasil produksi beras organik. Hal ini karena dapat menyebabkan asap knalpot mengeluarkan unsur logam yang berpotensi membahayakan bagi kesehatan.

Disamping itu, dilakukan juga perbaikan terhadap gabah yang disimpan di penggilingan dengan mengganti kemasan karung. Penggantian karung ini juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kontaminasi dari bekas karung yang dipakai sebelumnya.

Selain ini, masih terdapat perbaikan yang harus diselesaikan secepatnya, diantaranya yaitu pembuatan toilet, pembuatan ruang ganti dan laci penyimpan barang untuk pekerja, serta perbaikan pada sela-sela pojok gudang yang berpotensi mengundang semut dan rayap.

#LPEM
#BAZNAS
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment