Pemisahan ikan lele pada budidaya lele milik Kelompok Jawara Tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi (LPEM) BAZNAS di Serang, Banten (03/07) dilakukan secara bersama-sama dengan mengelompokkan ikan berdasarkan ukurannya, besar dan kecil, dari 5000 ekor ikan lele yang dibudidayakan. Kegiatan ini merupakan tindakan untuk menyeragamkan ukuran lele dengan cara memisahkan lele sesuai ukurannya (memisahkan lele kecil dan lele besar) agar tidak terjadi kanibalisme. Biasanya lele besar akan memakan lele yang lebih kecil terutama pada saat mereka kelaparan atau ada lele yang lemah atau sakit.

Wandi (47th), ketua kelompok menyatakan bahwa pemisahan bertujuan agar lele yang besar tidak memangsa ikan yang kecil, dan ikan kecil agar cepat menyusul menjadi besar. Proses pemindahan dilakukan dengan menggunakan jaring besar dan dipindahkan ke dalam kolam kosong yang telah disiapkan sebelumnya.

“Budidaya lele ini awalnya sebagai penyelang kegiatan pertanian di sawah, bermula dari 750 ekor, bertambah menjadi 2000 ekor dan sampai saat ini menjadi 5000 ekor, adapun bibitnya dibeli dari hasil iuran anggota dan keuntungan dari pengadaan beras zakat fitrah sebelumnya,” tambah Wandi Ketika menjelaskan.

Pendamping program Lumbung Pangan, Muhamad Pirdaus menjelaskan bahwa rencana awal Ketika pendampingan hanya budidaya saja, namun semakin berkembangnya budidaya tersebut kelompok berencana untuk menambah pembuatan beberapa kolam yang diinisiasi untuk pembibitan dari telur sampai besar.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga masing-masing anggota dapat memiliki kolam dan membudidayakan sendri. Sementara hasil panen akan dibagikan menurut hasil musyawarah, namun modal akan diputar kembali serta akan disisihkan untuk pengembangan usaha kelompok.” Tutur Pirdaus atau akrab disapa Kang Daus.

Kedepannya lele hasil budidaya para petani akan dipasarkan ke pasar Pamarayan, ke kolam-kolam pemancingan, dan rumah makan. Budidaya lele ini mendapat dukungan dari warga, pemerintah dan tokoh masyarakat setempat karena selain memberdayakan petani Kampung Baru, budidaya lele ini dapat membuka lahan pekerjaan kepada warga sekitarnya. 

#BAZNAS

#LPEMBAZNAS

#LumbungPangan

#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment