Sukabumi (22/12). Kelompok Tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik LPEM BAZNAS di Kel Cibatu, Kec. Cisaat, Sukabumi, merupakan kelompok petani yang telah dibina selama 2 tahun dan telah menerapkan pertanian secara organik hingga telah menjadi pemasok beras bagi kegiatan Zakat Fitrah yang dialaksanakan oleh BAZNAS.

Kini, Kelompok Tani Sari Alam telah mengalami berbagai macam perkembangan, salah satunya dengan banyaknya masyarakat Sukabumi yang sudah percaya akan kualitas beras produksi kelompok tersebut, Bahkan setiap pekan, kelompok tani akan mengelola penggilingan padi dan menyediakan stok demi memenuhi permintaan konsumen. Konsumen beras merupakan warga Sukabumi yang telah menjadi langganan dan dijadikan konsumsi pribadi maupun untuk dipasarkan kembali.

Nasir (44th) selaku ketua Kelompok Tani mengungkapkan bahwa setiap pekan kelompok tani biasa menyediakan stok beras kurang lebih 250 kg dalam bentuk curah dengan kemasan karung 25 kg. Beras tersebut memiliki kualitas medium 3, karena memiliki derajat sosoh beras di bawah 85% yang memiliki banyak pecahan beras.

Berbeda dengan beras medium 1 yang dikemas dengan plastik berlaber “Beras Raos” karena beras ini lebih dominan ditujukan untuk segemntasi masyarakat menengah hingga keatas dan memiliki derat sosoh beras di bawah 95%.

Harapan petani dari adanya perbedaan kualitas diharapkan kedepannya akan menumbuhkan kepedulian kelompok tani Sari Alam kepada masyarakat sekitar dalam merasakan manfaat kesehatan dari beras organik yang dihasilkan.

#LPEM
#BAZNAS
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment