Sabtu (1/02) Sertifikasi organik sebagai jaminan bahwa produk organik telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Lembaga Sertifikasi Organik. Lumbung Pangan LPEM BAZNAS membantu Kelompok Tani Sari Alam di Desa Cibatu Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, dalam penerapan eceng gondok sebagai salah satu cara filterisasi air guna sertifikasi organik.

Syahrul Siddiq selaku pendamping program Lumbung Pangan wilayah Sukabumi menjelaskan bahwa eceng gondok berfungsi sebagai filtrasi air yang masuk ke persawahan supaya kontaminan zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat diminimalisir.

Hasil dari pemetaan yang dilakukan, penerapan ini telah dilakukan di sepuluh titik yang potensial untuk ditanami eceng gondok di aliran awal sawah yang masuk ke dalam Program Lumbung Pangan BAZNAS.

Di samping itu, ada juga penerapan SOP untuk menjaga konsistensi petani agar penanaman padi dengan sistem organik ini tetap terkendali, yaitu dibuatnya ICS (Internal Control System) dengan anggotanya terdiri dari petani yang diberi tugas khusus sebagai pengawas lapangan untuk sertifikasi organik.

Tindak lanjut dari kegiatan tersebut agar petani dapat membuat petakan khusus untuk menanam eceng gondok sebelum mengalir ke petakan sawah yang ditanami, sehingga beras yang dihasilkan petani terjamin kualitasnya.

Leave a Comment