Rabu (15/04), Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan suatu aktifitas yang dilakukan atas dasar kesadaran, sehingga dapat menolong diri sendiri dan orang lain dalam bidang kesehatan. Masa pandemi Covid-19 merupakan saat yang tepat dalam menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat sehingga dapat menangkal penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui kegiatan Cash For Work bersama mustahik pengusaha yang terdampak akibat masa pandemi sebagai relawan BAZNAS, nantinya mereka akan mendapatkan edukasi seputar pola prilaku hidup bersih dan sehat seputar tata cara mencuci tangan yang baik dan benar sebagai bentuk pencegahan Covid-19, selanjutnya bersama menyemprotkan desinfektan di rumah warga sekitar dan diakhiri dengan pemberian voucher paket sembako Zmart.

Aksi CFW saat ini dilaksanakan di 7 titik terdampak yakni Desa Sukamenteri, Garut; Kel. Regol, Garut; Kel. Duri Pulo, Jakarta Pusat; Desa Cibadung, Kab. Bogor; Desa Tegal Waru, Kab. Bogor; Kel. Bintara Jaya, Kota Bekasi dan Kel. Sindang Jaya, Kota Bandung

Hasil dari aksi CFW pada hari ini yakni edukasi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyemprotan cairan desinfektan di rumah warga sebanyak 1161 KK dan tempat umum, pemasangan 7 tempat cuci tangan sederhana di titik Zmart dan pemberian voucher Zmart senilai Rp200.000,00 yang dapat ditukarkan dengan sembako di Zmart terdekat kepada 70 relawan BAZNAS.

Aksi ini direncanakan akan terus berlangsung sampai tanggal 23 April 2020 dan diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, memotivasi warga untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran Virus Corona, dan membantu kaum rentan yang terimbas dampak ekonomi.

BAZNAS

BaznasTanggapCovid-19

LpemBaznas

CashForWork

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment