Jakarta (16/12). Kelompok Berkah Sejahtera binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, laksanakan pertemuan rutin kelompok di kediaman ketua kelompok, Dite Kurniawati yang beralamat di Jl. Cipinang Kebembem, Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pertemuan yang mengusung tema cara pencatatan keuangan dengan aplikasi Catat.id

Catat.id sendiri adalah sebuah aplikasi berbasis android yang bisa diunduh di playstore. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu para pelaku UMKM atau pengusaha pemula dalam mencatat segala macam kegiatan keuangan usahanya. Selain fitur-fitur yang mudah dijalankan, juga terdapat promo untuk pelaku usaha kecil dengan potongan biaya registrasi aplikasi hingga sebesar 50% jika ingin menggunakan semua fitur aplikasi tersebut, namun aplikasi ini dapat juga dipakai secara gratis.

Pelatihan terlaksana karena adanya ketertarikan dari tim Catat.id saat melihat media sosial Instagram kelompok Paguyuban Berkah Sejahtera binaan BAZNAS. Dari situlah tim Catat.id memulai kerjasama dengan kelompok tersebut. Penyampaian materi dipandu oleh ketua kelompok dan diisi oleh Tisa Permulasari dari Catat.id dengan membahas cara membuat jurnal keuangan, buku kas, hingga pencatatan omzet usaha.

Pada sesi tanya jawab pun sangat komunikatif. Para peserta dengan atusias bertanya seputar pengelolaan aplikasi tersebut, pemateri menjawab pertanyaan dengan memberikan masukan tentang pentingnya pencatatan keuangan hasil penjualan usaha sebagai bentuk pengembangan usaha.

Yang menarik dalam pertemuan kelompok kali ini adalah pertemuan kali ini dilakukan atas inisiatif kelompok dan secara mandiri tanpa dihadiri langsung oleh pendamping program mustahik usaha BAZNAS. Hal ini berarti bahwa mustahik telah mulai mandiri dan tidak melulu bergantung kepada pendamping.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment