Kelompok Budikdamber binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kembangkan budidaya lobster air tawar dan demplot tanaman sehat bebas pestisida di Ds. Pujo Basuki, Kec. Trimurjo, Kab. Lampung Tengah. (24/01).

Anggota kelompok binaan bersama pendamping program BAZNAS melakukan evaluasi penanaman demplot tanaman sehat bebas pestisida serta upaya perluasan area kolam lobster air tawar. Hal ini bertujuan untuk melihat progress budidaya yang dilakukan oleh mustahik binaan.

Pada awalnya, kelompok budikdamber menggabungkan antara tanaman kangkung dan ikan lele, tetapi kemudian diubah dengan lobster air tawar karena memiliki potensi penjualan cukup tinggi dan harga terjangkau. Tidak menggunakan ikan lele dikarenakan banyaknya peternak lele sehingga akan mengganggu pasar dan tidak stabilnya harga jual.

Sutarjo (49th) salah satu mustahik binaan BAZNAS mengungkapkan bahwa awal mula pengembangan budidaya lobster air tawar mengalami kesulitan karena banyaknya indukan yang mati sehingga mengalami kerugian yang cukup besar. Akan tetapi berkat keuletan dan kesabarannya saat ini kelompok petani sudah mengembangkan sekitar 600 anakan lobster air tawar usia 1 minggu hingga 3 bulan di kolam seluas 63 meter persegi.

“Saat ini kelompok Budikdamber sudah memiliki indukan jantan 4 ekor dan betina 7 ekor dengan usia 6-7 bulan, dan masih berfokus pada produksi serta perbanyak indukan. Ke depannya pemasaran lobster akan ditujukan untuk konsumsi dan jual beli bibit, serta akan mengembangkan ke lobster hias..” ujar Sutarjo.

Saat ini kolam menampung anakan dengan ukuran badan yang variatif, sehingga diperlukan strategi untuk mensortir dan mengelompokkan anakan dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak terjadi persaingan mencari pakan dan dapat tumbuh lebih optimal, serta dapat menimbulkan adanya sifat kanibalisme apabila perbedaan ukuran terlampau jauh.

Melalui perluasan areal kolam nantinya diharapkan dapat menjadi alternatif perkembangan lobster air tawar dan mengurangi resiko kematian. Sehingga anakan yang sudah cukup besar atau menginjak umur 4-5 bulan sudah dapat untuk dilakukan pemijahan.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas
#LumbungPangan

Leave a Comment