Jember (25/02). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha melaksanakan panen budidaya maggot oleh kelompok “Budidaya Maggot BSF Al-Hikmah Wringinagung” sebanyak 394 kg maggot di Desa Wringinagung, Kec. Jombang, Kab. Jember.

Kandang maggot seluas 135 meter persegi dibudidayakan oleh 20 mustahik binaan dan bersama sama mengembangkan budidaya maggot. Teknik pembesaran magot menggunakan rak (4 susun biopon) dan akan dikembangkan oleh setiap mustahik mengembangkan sebanyak 2 rak susun. Sedangkan teknik pakan dengan menggunakan sisa pangan rumah tangga, restoran, pesantren dan pasar.

Menurut Agung Prasetyawan (27th) selaku ketua kelompok Budidaya Maggot mengungkapkan bahwa panen pertama ini merupakan sebagian besar yang berhasil diselamatkan oleh mustahik, dan diketahui bahwa beberapa hari sebelum panen maggot terjadi banjir di kandang komunal.

“Curah hujan tinggi dan menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Jember terdampak banjir, sehingga kandang pembesaran maggot BSF Al-Hikmah juga terdampak kebanjiran hampir setinggi lutut orang dewasa, sehingga sebagian besar magot tenggelam dan kabur.” ujar Agung.

Diketahui bahwa harga maggot di wilayah Kab. Jember adalah Rp 5.500/kg. Harapannya, kedepan curah hujan yang tinggi cepat berlalu, sehingga bencana banjir dapat dihindari oleh sebagian besar peternak maggot.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

Leave a Comment