Bogor (28/03). Pelatihan membatik dilakukan kelompok pembatik binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kel. Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, bersama komunitas Pena Ceria yang diikuti oleh 13 anak usia 5 tahun dalam meningkatkan pengetahuan anak usia dini terhadap pembuatan batik khas Kota Bogor.

Kampung Batik Cibuluh merupakan objek wisata kampung tematik di Kota Bogor, saat awal mula pandemi Covid hingga awal tahun 2021 tidak melayani tiket paket wisata batik experience. Kini Kp. Batik Cibuluh memulai promosi paket wisata dan menarik wisatawan saat masa new normal berjalan. Kunjungan wisata Kp. Batik Cibuluh tetap menerapkan protokol kesehatan dengan penerapan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 pagi, diawali dengan pelatihan proses pengecapan batik di kelompok Batik Gaziseri, dilanjut edukasi pengenalan motif batik Bogor di kelompok Batik Pancawati, setelah itu edukasi pengenalan proses mencanting di Kelompok Batik Melangit dan diakhiri belajar praktik membatik di kelompok Batik Bumiku.

Belajar membatik ini diikuti oleh anak anak usia Taman Kanak-kanak (TK), maka dalam proses membatik yang dilakukan oleh anak-anak akan didampingi oleh pengrajin batik. Pada saat proses perorodan atau pelepasan lilin dari kain menggunakan air panas, peserta hanya dianjurkan untuk melihat saja.

“Saya baru tahu kalo di Bogor ada Kampung Batik dan bisa belajar batik, saya suka motif motif batiknya karena simpel dan unik. Ternyata proses batik memerlukan proses yang cukup panjang” ujar salah satu orang tua peserta belajar membatik.

BadanAmilZakatNasional
PilihanPertamaPembayarZakat
LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

KpBatikCibuluh

Leave a Comment