Serang, (20/07) Salah satu kelompok tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, Kelompok Cahaya Tani menerapkan penanaman hortikultura dengan menanam sawi hijau di area lahan milik ketua kelompok Cahaya Tani, Ds. Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang, Banten.

Petani kelompok menerapkan pola tanam padi-padi-hortikultura untuk menfaatkan adanya air sepanjang tahun. Penerapan pola tanam ini bermanfaat pharmacom labs sebagai pemutus rantai hama penyakit padi apabila dilakukan terus menerus. Tanaman sayur dapat dipanen dalam waktu singkat sambil menunggu masa tanam padi, selain itu harga jual sayuran juga cukup menguntungkan.

Menurut pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Muhamad Pirdaus mengungkapkan bahwa penanaman sawi dilaksanakan dilahan milik bapak Faoji dengan luas lahan kurang lebih 200 meter, sawi ini diperkirakan dipanen menjelang hari raya Idul Adha. Tujuan dari pembersihan dari gulma adalah agar pertumbuhan tanaman cepat dan tidak gangguan dari hama ulat yang biasa berlindung di gulma-gulma sekitar.

Pembersihan dilakukan dengan cara manual, yakni dengan mencabutinya secara manual menggunakan tangan, secara hati-hati petani melakukannya agar tidak salah mencabut.

Tanaman sawi memang tanaman sayuran yang berumur singkat, serta perawatan yang mudah namun harganya lumayan baik, sehingga menjadi alasan bagi petani untuk bertanam sawi dengan jumlah banyak.

#Baznas
#Lpem
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment