Sabtu (27/06), Belasan warga Cipinang berantusias saat mengikuti pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember “budikdamber” yang dilaksanakan melalui program Lumbung Pangan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Cipinang Kebembem, Kel. CIpinang, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kegiatan yang bertajuk Kebun Sehat yang diusung dari Program Lumbung Pangan LPEM BAZNAS ini bermaksud untuk memberikan edukasi masyarakat mengenai potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka, terlebih ditengah situasi pandemi COVID-19, yang berpengaruh terhadap menurunya pendapatan masyarakat.

Budikdamber sendiri merupakan teknik budidaya ikan sekaligus sayuran dalam satu tempat yang lazimnya menggunakan media seperti ember, sehingga kedepannya masyarakat dapat memunuhi kebutuhan pangan ditengah keterbatasan lahan. Menggunakan media dan luas yang sederhana inilah budikdamber merupakan solusi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat urban terlebih di perkotaan seperti Jakarta.

Sukidi (46), yang merupakan salah satu perserta dalam kegiatan ini menuturkan kekagumanya bahwa ternyata bisa berternak ikan dan sayuran dengan media yang sederhana.

“Saya jujur baru tahu mas, ternyata sederhana sekali ya buat bisa beternak ikan. Selama ini bayangan saya kan harus ada empang, kali ini malah bisa pakai ember bekas cat.” Ujar Pak Sukidi kepada Pendamping Kevin Arthur

Selaras dengan pak sukidi, pendamping program Anwar Sugandi, sekaligus PIC dalam kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan dan modal yang terbatas dapat memenuhi setidaknya kebutuhan konsumsi keluarga.

“Harapanya para peserta dapat mengaplikasikan pelatihan kali ini, dan mengedukasi masyarakat yang lain. Apabila kegiatan ini dapat diimplementasi oleh seluruh masyarakat Indonesia. maka efek dominonya akan meningkatkan ketahanan pangan dan laju perekonomian di Indonesia” Ujarnya.

BAZNAS

LpemBaznas

LumbungPangan

MustahikPengusaha

MenanamdiRumah

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment