Garut (03/08). Penyiraman tanaman sayur di kebun sehat BAZNAS dalam rangkan menanam di rumah, program Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang bertempat di Kampung Campaka, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Kondisi tanaman saat ini sudah ada yang bisa dipanen dan dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga. Sayuran yang dihasilkan dari kebun ini merupakan sayuran organik karena tanpa penggunaan pestisida kimia dan pupuk kimia. Apabila terdapat serangan hama seperti ulat, maka pendamping pun mengarahkan untuk dilakukan pengendalian secara mekanis dengan mengambilnya, apabila serangan hama sudah melewati ambang batas pendamping mengarahkan untuk dilakukan penyemprotan dengan pestisida nabati.

Salah satu mustahik yakni Rudiyanan Alamsyah (41) mengungkapkan bahwa setelah ada aksi menanam di rumah dari BAZNAS kami baru sadar akan banyaknya manfaat menanam dipekarangan rumah, selain untuk kebutuhan pangan keluarga sendiri juga bisa dijual dan mendapatkan uang tambahan dan yang paling penting sayuran yang kita konsumsi bisa dijamin kesehatannya karena kita sendiri yang menanam karena tanpa pestisida kimia, selain itu pekarangan rumah kami jadi lebih hijau dan asri, mudah-mudahan banyak tetangga kami yang mengikuti kegiatan ini karena manfaatnya sangat banyak.

Selain untuk konsumsi sendiri, hasil budidaya dari kebun sehat ini diharapkan dapat dijual dan dapat menjadi pendapatan alternatif keluarga.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment