Tanjung Priuk (17/02). Pendamping Program Mustahik Pengusaha Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Kevin Arthur, memberikan pelatihan manajemen keuangan dan pembukuan keuangan pada Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Multifood Barokah di Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priuk Kota Jakarta Utara.

Dalam Kegiatan pendampingan kelompok yang pertama ini, mengusung tema Melek Keuangan dengan menerapkan pencatatan keuangan sederhana dan manajemen keuangan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman bagaimana pengelolaan keuangan usaha yang baik. 

Adapun peserta pelatihan diikuti 12 peserta di kelompok Multifood Barokah yang bergerak dalam usaha makanan dan jajanan sehat di dilayah Tanjung Priuk.

Pendamping MP Jakarta, Kevin menuturkan, bahwa pemahaman mengenai manajemen keuangan pada mustahik binaan LPEM BAZNAS, menjadi aspek pendampingan yang wajib disampaikan.

“Pemahaman mengenai manajemen keuangan dan pencwtatanya, sangat diperlukan oleh seluruh UMKM terutama mustahik binaan baznas. Dengan mengetahui manajemen keuangan, pedagang bisa mengelola penghasilanya dengan baik, agar penghasilanya tidak hanya habis untuk mutar modal dan makanan sehari” tapi bisa menyisihkan penghasilanya untuk tabungan ataupun investasi”, imbuhnya.

Menurutnya, mustahik perlu mencatatkan keuangan usahanya dengan tujuan untuk lebih mengetahui keuntungan usaha dan perkembangan keuangan usaha. 

Sementara itu, salah satu peserta, Ibu Wartini merasa senang dengan adanya kegiatan pelatihan manajemen keuangan bagi kelompok Multifood Barokah.

“Sejauh ini, usaha kami belum keliatan hasilnya. Modal yang digunakan acap kali habis, dan gali lubang tutup lubang dengan kebutuhan sehari-hari. Materi kali ini membuat pemikiran saya terbuka, ini menjawab pertanyaan yang selama ini ada dibenak saya, mengapa uang dagangan selalu habis tidak tersisa.” ungkapnya.

BAZNAS melalui program Mustahik pengusaha, melakukan pendampingan terhadap penerima manfaat program secara intensif dan berkelanjutan. Selain aspek ekonomi, aspek sosial dan keagamaan menjadi point pendampingan yang disampaikan BAZNAS kepada binaanya. Harapanya, tidak hanya ekonomi mustahik yang meningkat, tapi spiritual dan sosial mustahik juga mamlu meningkat seiring dengan meningkatnya usaha.

Leave a Comment