Jakarta (17/11) Mustahik pedagang kopi sepeda yang tergabung dalam kelompok Kopi Sepeda Kwitang binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BANZAS melakukan pertemuan kelompok di Jalan Raden Saleh, Senen, Jakarta Pusat. Pertemuan ini membahas pentingnya menjaga higienitas produk kopi hingga ke tangan konsumen.

Pertemuan kelompok ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok yang berjumlah 4 orang. Pertemuan kali ini merupakan pertemuan perdana pasca pendistribusian bantuan modal usaha kopi sepeda kepada mustahik sejak bulan September 2020.

Pada pertemuan kali ini didampingi langsung oleh pendamping program Mustahik Pengusaha BAZNAS, Kevin Arthur Herivo. Ia memberikan pemahaman kepada mustahik untuk senantiasa menjaga higenitas saat penyajian produk, baik kebersihan peralatan usaha maupun kebersihan lingkungan dan diri dengan tetap mengenakan masker. 

“Menjaga higenitas produk, wajib dilakukan bagi mustahik kopi sepeda binaan BAZNAS, khususnya saat menyajikan minuman kepada pelanggan. Minimal menggunakan sarung tangan plastik dan juga masker saat berjualan. Hal ini dilakukan agar minuman yang disajikan dapat terjaga kualitasnya dan dapat saling menjaga antara penjual dan pembeli di masa pandemi seperti sekarang ini.” Ujar Kevin

Salah satu mustahik yang terlibat dalam pertemuan kelompok ini, Farhan (30th) menuturkan bahwa selama ini ia masih belum memahami pentingnya menjaga higenitas ketika menyajikan usaha. Namun, dengan adanya pertemuan ini, Farhan kian memahami bagaimana menjaga kesehatan konsumen dan produk.

“Sejujurnya selama saya jualan, saya dan pedagang lainya cukup abai dan belum memahami pentingnya menggunakan sarung tangan biar higenitas terjaga. Wawasan saya terbuka, ternyata dengan menjaga higenitas, konsumen dapat percaya untuk membeli kembali dan lebih menikmati kopi yang kita jajakan.” tutur Farhan.

BAZNAS melalui berbagai macam program pemberdayaan akan terus mengembangkan usaha mustahik binaannya. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, baik dari segi pemasaran, promosi maupun pengembangan lainnya.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment