Serang (5/10). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS terus mendampingi petani binaannya dalam perkembangan usaha tani sayuran, salah satunya yang dilakukan oleh pendamping Lumbung Pangan, Pirdaus terhadap Kelompok Cahaya Tani yang berlokasi di Ds. Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang, dengan melakukan pengecekan rutin di lahan milik petani.

Pemasangan dan pemeliharaan tali ajir di lahan milik Faoji Rohman (42 th) yang berfungsi untuk memperkuat ajir dalam menopang batang tanaman, kemudian tali yang ada ditengah berfungsi sebagai pengikat solor (kumis) yang merambat. Pemasangan tali ajir dilakukan dengan cara manual, tali yang digunakan dari nilon sedangkan tali yang ada dibawah menggunakan perepet (sejenis solasi).

Perawatan tanaman sawi di lahan seluas 1000m milik Sueb (40 th) dengan cara penyiangan dari rerumputan agar tanaman sawi tumbuh baik, biasanya rumput yang tumbuh menjadi tempat tinggalnya inang penyakit dan hama.

Terakhir pada perawatan tanaman mentimun di lahan milik Rohandi (39 th) kurang lebih sebanyak 1.700 tanaman dengan memperbanyak nutrisi guna mendorong batang tanaman dan buahnya. Adapun perawatan diilakukan dengan cara manual, dimana sampai saat ini pertumbuhan begitu baik dan solor (kumis) tanaman sudah mulai tumbuh hingga mengikat pada ajir yang menancap di dekat tanaman.

Kedepannya pendamping program Lumbung Pangan akan terus mendampingi mustahik petani dalam perkembangan budidaya tanaman sayur ini, sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan para petani binaan LPEM BAZNAS.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment